Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2006 tentang Statuta Universitas Malikussaleh, Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Disampaikan kepada organisasi mahasiswa di dalam lingkungan Universitas Malikussaleh sebagai berikut:

  1. Kegiatan Organisasi Mahasiswa mengacu pada visi dan misi Universitas/Fakultas, memberikan konstribusi terhadap upaya perwujudan suasana akademis yang kondusif, meningkatkan daya nalar dan kreativitas mahasiswa, mengangkat nama baik Universitas/Fakultas, tidak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan ideology Pancasila serta mendukung peningkatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi.
  2. Organisasi Mahasiswa yang dimaksud wajib mengikuti ketentuan yang berlaku bagi Organisasi Mahasiswa Universitas Malikussaleh serta tidak dimaksudkan untuk:
  1. Merugikan pihak lain;
  2. Semata-mata mencari keuntungan bagi pribadi yang menggunakan;
  3. Merugikan nama baik Universitas Malikussaleh;
  4. Penggunaan Nama, Lambang, dan Bendera Universitas Malikussaleh yang tidak sesuai dengan huruf a,b,c menjadi tanggung jawab pribadi dan akan diambil tindakan serta dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Atribut Identitas Diri Mahasiswa Universitas Malikussaleh
  1. Atribut Identitas Diri Mahasiswa Universitas Malikussaleh terdiri dari Jaket Almamater dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM);
  2. Jaket Almamater merupakan hak setiap mahasiswa yang terdaftar secara sah, diberikan oleh Universitas Malikussaleh;
  3. Jaket Almamater hanya dapat dipakai oleh mahasiswa Universitas Malikussaleh dan Organisasi Mahasiswa Universitas Malikussaleh untuk kegiatan-kegiatan yang telah ditentukan dan mendapat izin kegiatan;
  4. Perorangan atau kelompok mahasiswa dilarang menggunakan jaket almamater diluar ketentuan c, semata-mata mencari keuntungan bagi pribadi yang menggunakan, serta merugikan nama baik Universitas Malikussaleh;
  5. Pihak yang berwenang dapat melakukan tindakan apabila terjadi penyalahgunaan jaket almamater sebagaimana diatur dalam huruf d, dan  kepada pihak yang menggunakan dapat dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Surat Edaran Lengkap (Download)